Menuju STIQ Al-Multazam Terampil Berbahasa, Para Mahasiswa Antusias Ikuti Program Fun Learning

Bahasa adalah kunci untuk membuka jendela dunia. Ungkapan tersebut sering kita dengar dan benar adanya bahwa jika kita ingin mengetahui info, kebudayaan, dan berkomunikasi dengan beberapa orang yang berada di belahan dunia.

Salah satu Quality Assurance yang dimiliki Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur`an Al-Multazam yaitu “Mampu Berbahasa Arab Aktif”. Bahasa Arab yang menjadi titik perhatian pada quality assurance tersebut, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur`an dan penting bagi penghafal Al-Qur`an.

Namun, walaupun titik perhatian pada quality assurance tersebut bahasa Arab, STIQ Al-Multazam juga memprehatikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa Arab.

Untuk mewujudkan quality assurance tersebut, STIQ Al-Multazam memiliki Lembaga Bahasa, dan Kementrian Bahasa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang menaungi kegiatan bahasa para mahasiswa STIQ Al-Multazam.

Kegiatan bahasa tersebut dilaksanakan setiap pagi sebelum memulai kelas Al-Qur`an dan waktu-waktu lain yang telah ditentukan. Kegiatan bahasa tersebut meliputi Mufrodat, yaitu pemberian kosa kata bahasa Arab/Inggris setiap hari kepada mahasiswa; Free Speech, yaitu mahasiswa berbicara bebas setiap pagi di hadapan teman-teman mahasiswa dengan berbahasa Arab/Inggris; Ta’lim Lughah, yaitu kegiaan memperdalam bahasa Arab/Inggris sesuai kemampuan para mahasiswa yang telah diklasifikasikan; Muhadatsah/Conversation, yaitu berbicara berpasangan dengan teman mahasiswa satu kali dalam sepekan; Ujian Bahasa, yaitu menguji kemampuan bahasa mahasiswa STIQ Al-Multazam dengan kosa kata yang telah diberi; Pemberian Reward, yaitu memberikan reward kepada mahasiswa teladan yang aktif berbahasa sesuai dengan kriteria Kementrian Bahasa BEM STIQ Al-Multazam; Language Festival, yaitu Ajang Kreasi yang mewadahi kreatifitas mahasiswa STIQ Al-Multazam dalam menampilkan kemampuan berbahasa Arab/Inggris; Seminar Bahasa, yaitu seminar motivasi tentang bahasa Arab/Inggris bersama Native Speaker; Muhadharah, yaitu penampilan kemampuan pidato bahasa Arab/Inggris di depan para mahasiswa STIQ Al-Multazam; Musyahadah, yaitu menonton film yang berhubungan dengan perjalanan dakwah Internasional; dan Kegiatan Aktif Berbahasa, yaitu pembiasaan istilah-istilah bahasa Arab/Inggris bagi mahasiswa STIQ Al-Multazam serta menyediakan buku pedoman bahasa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab/Inggris mahasiswa STIQ Al-Multazam.

Disamping kegiatan-kegiatan dari Kementrian Bahasa BEM, STIQ Al-Multazam juga menyediakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa bagi para mahasiswa STIQ Al-Multazam yang ingin mempelajari bahasa Arab/Inggris lebih dalam, UKM tersebut diberi nama Fun Learning, nama tersebut diberikan agar mahasiswa STIQ Al-Multazam yang mengikuti UKM tersebut selalu bersemangat dan senang mempelajari hal baru dalam berbahasa Arab/Inggris.

Alhamdulillah, dalam perjalanannya mahasiswa STIQ Al-Multazam selalu bersemangat dan sangat antusias mengikuti kegiatan bahasa yang diadakan Lembaga Bahasa dan Kementrian Bahasa BEM STIQ Al-Multazam.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *