Pengarahan dan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) STIQ Al-Multazam tahun 2021

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

Mengacu kepada hadits Rasulullah SWT tentang “Sebaik-baik kalian adalah yang mengajarkan Al-Qur`an dan yang mengajarkannya”, Mahasiswa STIQ Al-Multazam semester 5 akan melaksanakan pekan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dalam basic Al-Qur`an, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan mental belajar dan mengajar mahasiswa. Program PPL ini merupakan salah satu mata kuliah praktek yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat dalam menyelesikan pendidikan di STIQ Al-Multazam.

Sebelum mengadakan PPL, mahasiswa diarahkan dan dibekali terlebih dahulu oleh dosen mata kuliah PPL demi mewujudkan program PPL yang diharapkan. Alhamdulillah, telah dilaksanakan pembekalan dan pengarahan PPL mahasiswa semester 5 STIQ Al-Multazam pada hari senin, 1 November 2021 di Aula Pondok Pesantren Terpadu STIQ Al-Multazam Kuningan, dan kegiatan PPL tersebut akan dilaksanakan pada hari senin, 8 November 2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Divisi (KADIV) Perguruan Tinggi STIQ Al-Multazam, Ustadz Dudung Abdul Karim, Lc., M.Ag; WAKA 2 STIQ Al-Multazam, Ustadz Suwarno, M. Pd.; WAKA 3 STIQ Al-Multazam, Ustadz Rahmat Soleh, M.Pd.; Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIQ Al-Multazam, Ustadz Hafid Nur Muhammad, S.Ud., M.Ag.; salah satu Dosen STIQ Al-Multazam, Ustadz Ali Zaenal Arifin, S.Ud., M.Ag.; dan seluruh mahasiswa STIQ Al-Multazam semester 5 sebagai calon peserta PPL.

Kegiatan pembekalan dan pengarahan PPL tersebut dibuka oleh KADIV Perguruan Tinggi STIQ Al-Multazam dengan sambutannya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sesungguhnya peserta PPL ingin dikirimkan ke berbagai tempat, namun karena kondisi yang belum memungkinkan mengakibatkan mahasiswa STIQ Al-Multazam semester 5 melaksanakan program PPL di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

Kemudian, beliau juga berpesan kepada mahasiswa STIQ Al-Multazam agar memerankan peran terbaik dalam PPL tersebut, melakukan PPL dengan sebaik-baiknya dengan rasa ikhlas, kesabaran, dan penuh kesadaran, sering-sering berkonsultasi dan berkoordinasi dengan dosen, dan diharapkan agar mahasiswa STIQ Al-Multazam semester 5 menjadi generasi terbaik.

Setelah KADIV Perguruan Tinggi STIQ AL-Multazam menyampaikan sambutannya, Kepala LPPM menyampaikan pengarahan dan pembekalan kepada mahasiswa calon peserta PPL STIQ Al-Multazam.

 

Dalam arahannya, Kepala LPPM STIQ Al-Multazam berpesan agar mahasiswa semester 5 menjadikan PPL ini sebagai momen membangun mental belajar dan mengajar,yang di dalam membangun mental belajar tersebut diperlukan metode /cara dalam belajar dan mengajar. Beliau mengutip perkataan “at-thariqah ahammu mina-l-maddah,” yang artinya metode atau cara belajar lebih optimal daripada materi. Oleh karena itu, hendaknya setiap mahasiswa calon peserta PPL memilili metode atau cara masing-masing dalam melaksanakan kegiatan PPL di Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam. Dan diharapkan juga dengan diadakannya PPL ini, ketercapaian hafalan Al-Qur`an santri Pondok Pesantren Al-Multazam akan semakin meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *