Sejarah STIQ Al-Multazam Kuningan

Perguruan Tinggi adalah pusat penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, sebagai suatu komunitas ilmiah yang penuh cita-cita luhur guna mencerdaskan kehidupan bangsa  di dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana diamanatkan di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Di dalam sejarahnya, Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Al-Multazam didirikan oleh Bapak Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam H.Sahal Suhana,SH. Beliau berkeinginan untuk mendirikan sekolah yang berkesinambungan dimulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Alhamdulillah pada tahun 2006telah didirikanlah Sekolah Tahfidz Al-Qur’an yang merupakan embrio Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an yang menyelenggarakan pendidikan selama 3 tahun dengan beasiswa penuh. Dan sudah mewisuda dan  melahirkan Hafidz dan Hafidzoh yang mampu hafal Al Qur’an sebanyak 30 Juz hingga 9 angkatan sampai saat ini.

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Al-Multazam adalah unit yang menyelenggarakan pendidikan tingkat tinggi Tahfizhul Qur’an dan ilmu-ilmu syar’i yang bebasis pesantren, mensyi’arkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah masyarakat, dan mengembangkan pusat kajian ilmiyah syar’iyah dan qur’aniyah. Sekolah Tinggi Ilmu Al- Qur’an Al-Multazam sementara ini membuka program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Al-Multazam berusaha mencetak dan melahirkan sarjana yang kelak menjadi kader ulama hafizh/hafizhah yang memiliki keunggulan dalam bidang bahasa Arab, tahfizh Al-Qur’an, ilmu Al-Qur’an dan Tafsir berdasarkan manhaj Salafush Shalih, dengan mendapatkan Sanad/bimbingan para masyakhih (ulama).

Selanjutnya, berlandaskan peraturan perundangan yang berlaku, disusunlah Statuta Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Al-Multazam, yang berfungsi sebagai pedoman dasar untuk pengembangan modal intelektual, merencanakan pengelolaan organisasi, mengembangkan program, dan menyelenggarakan kegiatan  Tridarma Perguruan Tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.