TAHUN BARU HIJRIAH 1442

๐’๐“๐ˆ๐ ๐€๐ฅ-๐Œ๐ฎ๐ฅ๐ญ๐š๐ณ๐š๐ฆ( 1 Muharram 1442 H/20 Agustus 2020 M)

Terkadang manusia sombong, hingga lupa akan karunia Allah hingga saat ini. Terkadang manusia egois, hingga lupa bahwa dirinya butuh Tuhan dan tak bisa untuk hidup sendiri. Tahun baru Hijriyah adalah wujud kasih sayang Allah, dan layaknya hamba, manusia patut mencurahkan segala kesyukuran.

Mungkin kita pernah mendengar sejarah awal hijriah, yang mana banyak sekali perdebatan dalam penentuannya.

“Ketika sedang bermusyawarah menentukan bulan apa yang menjadi bulan pertama pada Kalender Hijriyah. Ada yang menawarkan bulan Rabiul Awal sebagai bulan pertama tahun Hijriyah. Karena bulan itu ialah bulan hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Akan tetapi Sayidina Umar justru memilih bulan Muharram untuk jadi bulan pertama pada susunan tahun Hijriyah. Selain karena rekomendasi Sayidina Utsman, beliau memilih Muharram dengan alasan bahwa hijrah walaupun terjadi di bulan Rabiul Awal, akan tetapi muqadimah (permulaan) hijrah terjadi sejak di bulan Muharram.

Beliau mengatakan bahwa wacana hijrah itu muncul setelah beberapa sahabat membaiat Nabi. Baiat itu terjadi di penghujung bulan Dzulhijjah. Semangat baiat itulah yang mengantarkan kaum Muslim untuk berhijrah.

Bulan yang muncul setelah Dzulhijjah ialah bulan Muharram. Karena itu Sayidina Umar memilih Muharram sebagai bulan pertama di tahun Hijriyah.

Sebelumnya terjadi perdebatan dalam menentukan kapan tahun pertama dalam kalander Hjriyah itu dimulai. Ada yang mengusulkan tahun pertama dimulai di tahun Gajah, yakni tahun Nabi Muhammad SAW lahir. Ada juga yang mengusulkan di tahun wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Ada banyak yang mengusulkan di tahun Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul saat wahyu pertama turun. Selain itu ada yang mengusulkan di tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

Dari empat opsi ini, akhirnya Sayidina Umar memutuskan untuk memuali tahun di tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah atas usulan dan rekomendasi Sayidina Utsman dan Ali r.a.”

Civitas Akademika STIQ Al-Multazam mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriah Muharram 1442 H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *