TEACHING PRACTICE MUSYRIFAH TAHSIN TAHFIDZ AL-QURAN

KUNINGAN-(4/8) Mahasiswi STIQ Al-Multazam sore ini melakukan praktik mengajar dengan menggunakan metode ummi bagi santri Pondok Pesantren Al-Multazam Kuingan di Masjid Al-Multazam. Teahing Practice  ini sebagai bentuk pengaplikasian ilmu yang telah didapat saat Upgrading Musyrifah  beberapa pekan lalu.

Kegiatan Upgrading Musyrifah berlangsung sejak 12 Juli  sampai 28 Juli 2020, sebagai upaya penyamarataan pembelajaran Tahsin Tahfidz Al-Qur’an bagi santri di Pondok Pesantren Al-Multazam Kuningan jenjang SMP dan SMA. Upgrading ini diisi oleh Ustadzah Yevi Nur Ichsanti yang merupakan guru sertifikasi Ummi, untuk saat ini beliau mengajar di TKIT Al-Multazam.

Selain menjadi mahasiswa yang kesehariannya menghafal Al-Quran, menjadi musyrifah Tahsin Tahfidz bagi santri merupakan ladang untuk mengamalkan ilmu-ilmu yang telah didapat. Di sisi lain juga sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa untuk bisa mendidik santri menjadi yang lebih baik. Bisa dikatakan ini sebagai belajar menjadi guru, terlebih di sini adalah guru Al-Quran yang mana di setiap huruf yang diajarkan mengandung banyak kebaikan. 

Jika diibaratkan, ilmu tanpa diamalkan itu seperti menuang air di gelas pecah, dengan artian sia-sia, meskipun banyak sekali ilmu-ilmu yang kita dapat tetapi tidak diamalkan seakan ilmu itu akan keluar dan lari dari wadahnya. Jadi, menjadi musyrifah adalah cara mempertahankan ilmu, dan upgrading musyrifah adalah cara meningkatkan kualitas airnya. 

One Reply to “TEACHING PRACTICE MUSYRIFAH TAHSIN TAHFIDZ AL-QURAN”

  1. MasyaAllah,, barakallahu fiikum…
    Ibarat setetes air yang hendak jatuh maka seperti itu ilmu yg kita punya saat ini, dan itu sangat sedikit..
    Metode dan pembelajaran seperti ini sangat mendukung kualitas para santri untuk terus meningkatkan kemampuan diri dan berkiprah di jalan Allah…,,
    Semangat Lillah untuk para mujahid dan Mujahidah …💕💕💕

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *