MUKADIMAH

            Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan atas dorongan rasa cinta tanah air serta rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap perkembangan dan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al Multazam Husnul Khotimah telah membulatkan tekad dan berkomitmen turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendirikan perguruan tinggi, yang sekarang bernama Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran  Al Multazam.
            Gagasan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai salah satu pilihan didasarkan dorongan jiwa dan semangat kejuangan kota Bandung yang mengemban panggilan untuk mempertahankan  keberlanjutan  bangsa  Indonesia  yang  diproklamirkan  pada  tahun 1945.
            Statuta Sekolah Tinggi Ilmu 2018 merupakan revisi Statuta sebelumnya, yang mengacu pada ketentuan perundangan yang berlaku.
            Atas berkah rahmat dan ridho Tuhan Yang Maha Esa, Statuta Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Al-Multazam ini disusun dan disempurnakan.
          Perguruan Tinggi adalah pusat penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian, sebagai suatu komunitas ilmiah yang penuh cita-cita luhur guna mencerdaskan kehidupan bangsa  di dalam rangka mencapai tujuan nasional sebagaimana diamanatkan di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.
            Di dalam sejarahnya, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Al-Multazam didirikan oleh Bapak Pembina Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam KH. Sahal Suhana, SH. (Alm) Beliau berkeinginan untuk mendirikan sekolah yang berkesinambungan dimulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA. Alhamdulillah pada tahun 2006 telah didirikan Sekolah Tahfiz Al Quran yang merupakan embrio Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran yang menyelenggarakan pendidikan selama 3 tahun dengan beasiswa penuh. Sudah mewisuda dan  meluluskan Hafidz dan Hafidzah yang mampu hafal Al Quran  sebanyak 30 Juz hingga 9 angkatan.
            Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Al-Multazam adalah unit yang menyelenggarakan pendidikan tingkat tinggi Tahfiz Qur’an dan ilmu-ilmu agama yang berbasis pesantren, mensyi’arkan dan menanamkan nilai-nilai Al Quran di tengah masyarakat, dan mengembangkan pusat kajian ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Al- Qur’an Al-Multazam sementara ini membuka program studi Ilmu Al Quran dan Tafsir.
            Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Al-Multazam berusaha mencetak dan melahirkan sarjana yang kelak menjadi kader ulama hafizh/hafizhah yang memiliki keunggulan dalam bidang bahasa Arab, tahfizh Al-Qur’an, ilmu Al Quran dan Tafsir berdasarkan manhaj Salafush Shalih, dengan mendapatkan Sanad/bimbingan para masyakhih (ulama). Selanjutnya, berlandaskan peraturan perundangan yang berlaku, disusunlah Statuta Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Al-Multazam, yang berfungsi sebagai pedoman dasar untuk pengembangan modal intelektual, merencanakan pengelolaan organisasi, mengembangkan program, dan menyelenggarakan kegiatan  Tridharma Perguruan Tinggi.