Upaya Melek Literasi, Menteri Sosial Budaya BEM STIQ Al-Multazam Akhwat Adakan Rumah Baca di Perpusda Kuningan

TIMES – Kegiatan Rumah Baca merupakan salah satu program kerja dari kementrian Sosial Budaya BEM Akhwat Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an Al Multazam.

Kegiatan ini dilaksanakan di Perpustakaan Umum Daerah Kuningan yang terletak di Jl. Aria Kamuning No.2, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45511, tempo hari (10/8).

Perpusda Kuningan memiliki beberapa program kerja yang dapat menjadi penunjang ataupun pendukung untuk kegiatan literasi dan kebermanfaatannya di masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, pemuda ataupun para orang tua.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan dan membuka wawasan bagaimana pentingnya literasi dalam sendi kehidupan terutama untuk kita sebagai mahasiswa.

Mengingat daya dan minat baca di Indonesia semakin menurun, pegiat-pegiat literasi pun tak kenal lelah menyadarkan para pemuda khususnya tentang pentingnya literasi untuk dunia pendidikan.

Sebagaimana ada sebuah kata mutiara yang berbunyi “Jika kamu ingin menguasai Dunia maka MEMBACALAH, dan jika kamu ingin dikenang oleh Dunia maka MENULISLAH”, harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat membuka wawasan dan meningkatkan daya baca khususnya dikalangan para pemuda.

Adapun peserta keseluruhan dalam kegiatan ini berjumlah 51 partisipan, dengan jumlah peserta 44 partisipan, panitia berjumlah 5 partisipan dan kegiatan ini dihadiri pula oleh presiden mahasiswa dan biro kemahasiswaan STIQ Al Multazam.

Kegiatan Rumah Baca ini dimulai pada pukul 13.00 diawali dengan pengarahan oleh bapak H. Aep Saepulloh, SE., MM. Sebagai pustakawan ahli muda (Sub. Koordinator Layanan Perpustakaan) dan bapak H. Edi Kusnaedi, S.Pd.  sebagai Kepala Sub. Bagian Umum dan Kepegawaian, selanjutnya peserta diarahkan untuk mencari buku yang hendak dibaca dengan tema bebas namun dengan catatan harus buku non fiksi.

Kemudian para peserta diberi waktu membaca sebanyak 1 jam 30 menit, setelahnya para peserta diminta untuk membuat resume dari buku yang telah dibaca kemudian masing-masing peserta mempresentasikan resume buku yang telah dibaca. Acara ini ditutup dengan Shalat Ashar berjamaah dan ishoma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.