Wujudkan Sarjana Ahlul Qur’an, Mahasiswa STIQ Al-Multazam Mampu Tasmi’ Al-Quran 30 Juz Bil Ghaib

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur`an Al-Multazam adalah perguruan tinggi yang mengutamakan nilai-nilai Al-Qur`an dengan slogan “Menjadi Sarjana Ahlul Qur`an”. Slogan tersebut bukan hanya sekedar slogan biasa, sampai detik ini STIQ Al-Multazam terus melakukan yang terbaik untuk para mahasiswanya agar dapat merasa nyaman dalam menghafal dan memurojaah (mengulang) hafalan Al-Qur`an nya dengan mengajarkan metode menghafal Qur`an yang diajarkan oleh para musyrif/ah Al-Qur`an.

Hafal Al-Qur`an 30 Juz menjadi syarat kelulusan di STIQ Al-Multazam bagi para mahasiswanya. Di lapangan, hal tersebut sudah terealisasi pada angkatan 1 dan angkatan 2 STIQ Al-Multazam yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur`an 30 juz, dan akan disusul oleh generasi selanjutmya.

Menghafalkan Al-Qur’an juga dilakukan dalam rangka agar menjadi shahibul qur’an (pecinta Al-Qur’an). Dari Abu Umamah Al-Bahili radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

إِقْرَؤُالْقُرْاآنَ، فَإِنَّهُ يَأْتِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا لِأَصْحَابِهْ

 “Bacalah Al-Qur’an, karena dia akan datang pada hari kiamat sebagai syafa’at bagi shahibul Qur’an.” (HR. Muslim no. 804)

Selain menghafal dan memurojaah Al-Qur`an, ada satu hal lagi yang tak kalah penting dalam rangkaian menjadi shahibul qur’an yakni ujian tasmi’ (memperdengarkan hafalan Al-Qur`an yang dimilikinya di hadapan musyrif/ah, asatidz, dan teman-teman mahasiswa STIQ Al-Multazam.

Di tahun 2021 sebanyak 8 mahasiswa STIQ Al-Multazam telah men-tasmi’-kan hafalan Qur`an 30 juz-nya dan puluhan mahasiswa lainnya juga telah men-tasmi’-kan hafalan Qur`an 15-20 Juz dari 30 Juz yang telah dihafal tanpa melihat Al-Qur`an pada kegiatan Tasmi’ Akbar yang diagendakan oleh pihak STIQ Al-Multazam.

Tasmi’ Al-Qur`an minimal 15 juz juga menjadi salah satu syarat mengikuti sidang akhir skripsi di bangku perkuliahan STIQ Al-Multazam.

Alhamdulillah, di tahun 2022 telah berlangsung Tasmi’ Al-Qur`an 30 Juz, 20 Juz, dan 15 Juz oleh mahasiswa STIQ Al-Multazam atas nama Desy Arnita (30 Juz), Muhammad Jamaludin (20 Juz), Muhammad Rofi Diraga (15 Juz), dan Zamzam Nurzaman (15 Juz) pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 di Masjid Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam Maniskidul, dan Masjid Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam 2 Linggarjati. Kegiatan tasmi’ tersebut juga ditayangkan secara langsung pada Live Streaming Youtube STIQ Al-Multazam Official, Instagram @stiqalmultazam, dan Facebook Stiq Al-Multazam Kuningan.

Kegiatan tasmi’ tersebut berjalan dengan lancar dengan durasi waktu menyelesaikan tasmi’:

1.      Muhammad Jamaludin (20 juz) pukul 05.30 -12.10  WIB (6 jam 40 menit)

2.      Muhammad Rofi Diraga (15 juz) pukul 06.00 – 11.45 WIB (5 jam 45 menit)

3.      Zamzam Nurzaman (15 juz) pukul 06.30 – 12.10 (5 jam 40 menit)

4.      Desy Arnita (30 juz) pukul 06.30 – 23.32 (17 jam 2 menit)

dan para mahasiswa STIQ Al-Multazam sangat antusias dalam menyimak tasmi’ tersebut demi mendapatkan syafaaat Al-Qur`an di yaumil akhir.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *