Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Al-Multazam

RAPAT TINJAUAN MANAJEMEN (RTM) DAN MUSYAWARAH KERJA STIQ AL-MULTAZAM

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Al-Multazam telah sukses melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 Desember 2024. Kegiatan ini mengusung tema “Memantapkan Langkah Awal Menyongsong Mutu Berkelanjutan (Solidifying the First Steps towards Sustainable Quality)”. Hal ini merupakan bagian dari upaya sistematis untuk mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan yang berada di lingkungan STIQ Al-Multazam. RTM ini dihadiri oleh seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, pembinaan, bagian bahasa, bagian Lembaga Al-Qur’an dan stakeholder terkait, yang membahas berbagai aspek penting untuk perbaikan kualitas pendidikan, baik di tingkat manajerial, standar pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, hingga tata kelola.

Dalam RTM ini, berbagai temuan penting berhasil diidentifikasi, yang mencakup perlunya peningkatan kualitas dosen, sistem evaluasi pembelajaran berbasis teknologi dan pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan zaman. Selain itu, masalah terkait dengan pendokumentasian penelitian, akreditasi program studi, serta publikasi ilmiah juga menjadi perhatian utama dalam diskusi.

  1. Musyawarah Kerja dan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Setelah RTM, pada tanggal 12 Desember 2024, STIQ Al-Multazam melanjutkan kegiatan dengan Musyawarah Kerja yang bertujuan untuk merumuskan langkah-langkah konkret yang harus diambil untuk menindaklanjuti temuan-temuan dalam RTM. Musyawarah kerja ini menghasilkan dokumen Rencana Tindak Lanjut (RTL) 2024, yang menyusun langkah-langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di STIQ Al-Multazam.

Dokumen RTL ini mencakup berbagai tindak lanjut dari temuan-temuan hasil evaluasi RTM dan Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan sepanjang tahun 2024. Beberapa langkah yang akan diambil meliputi peningkatan kualitas dosen dengan pelatihan untuk memenuhi kualifikasi, pengembangan sistem evaluasi berbasis teknologi, serta peningkatan fasilitas kampus untuk mendukung proses belajar mengajar yang lebih optimal. Selain itu, STIQ Al-Multazam juga akan memperbanyak publikasi ilmiah, baik oleh dosen maupun mahasiswa, serta memperkuat kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan baik di tingkat nasional maupun internasional.

  1. Komitmen untuk Peningkatan Berkelanjutan

Ustadzah Medina Amanda, M.M., Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STIQ Al-Multazam, mengungkapkan, “Dokumen RTL yang telah disusun ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Kami mengajak seluruh civitas akademika untuk bersama-sama mengimplementasikan langkah-langkah perbaikan yang telah dirumuskan, agar visi dan misi STIQ Al-Multazam dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berakhlak mulia dapat terwujud.”

Dalam rangka memantau dan mengevaluasi implementasi RTL, hasil pelaksanaan RTL akan dilaporkan secara berkala kepada pihak yang terlibat dan pimpinan STIQ, dengan evaluasi setiap semester atau bulanan. Hal ini diharapkan dapat memastikan bahwa setiap langkah yang diambil dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di STIQ Al-Multazam.

  1. Sinergi untuk Mewujudkan Perguruan Tinggi Berkualitas

Dengan penyusunan RTL yang melibatkan seluruh elemen kampus, STIQ Al-Multazam berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui kolaborasi dan sinergi yang kuat antara pimpinan, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan. Diharapkan melalui RTL ini, STIQ Al-Multazam dapat melangkah lebih jauh dalam mencapai standar pendidikan yang lebih tinggi, sesuai dengan visi menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat global.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top